Menkominfo: Tata Ulang Frekuensi 1800 Mhz Hari Ini Disepakati

Menkominfo: Tata Ulang Frekuensi 1800 Mhz Hari Ini Disepakati

Foto: 4G-LTE. ©2013 Evo Berita


Evo Berita - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, pernah mengungkapkan jika tata ulang pita frekuensi 1800 Mhz untuk jaringan 4G harus diputuskan pertengahan April ini.

Keputusan tersebut, kata dia, bisa dicapai dengan cepat sebab sudah ada kesepakatan antar operator untuk metode perpindahan kanal frekuensi dan clustering-nya. Bahkan, lebih cepat dari yang diprediksikan yakni sebelum tanggal 14 April ini.

"Besok (Jumat) kita akan duduk bersama dengan para operator. Saya tinggal tanda tangan saja," ujar Rudiantara ketika ditemui di Kementerian Kominfo, Jakarta, semalam (09/04).

Untuk metode perpindahan yang selama ini menjadi alot disepakati, sudah disepakati dengan metode baru yang dinamakan 'step wise'. Sebelumnya, masih terjadi perbedaan antara penggunaan metode direct ataupun indirect.

Sekadar informasi, metode perpindahan kanal frekuensi dengan cara direct adalah perpindahan kanal frekuensi baru secara langsung sesuai yang telah ditentukan oleh pemerintah. Sementara indirect perpindahan kanal frekuensi baru yang menggunakan alokasi frekuensi lainnya terlebih dahulu.

Rudiantara juga menuturkan bila jumlah pembagian wilayah perpindahan alokasi menjadi 42 cluster, dari sebelumnya hanya 29 cluster. Soal cluster akan dimulai di mana, diakui Chief RA, belum tahu.

"Makanya, nanti siang ini juga mau dibicarakan dan disepakati sama operator," katanya terpisah saat ditemui Merdeka.com di Menara Multimedia, Jakarta, (10/04).
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Menkominfo: Tata Ulang Frekuensi 1800 Mhz Hari Ini Disepakati"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top