Ini Wilayah Pertama Yang Cicipi Penataan 4G di Frekuensi 1800 Mhz

Ini Wilayah Pertama Yang Cicipi Penataan 4G di Frekuensi 1800 Mhz

Foto: Ilustrasi 4G LTE. Evo Berita


Evo Berita - Keputusan tata ulang frekuensi 1800 Mhz untuk 4G LTE, akhirnya sudah disepakati antar operator. Dalam pertemuan terakhir untuk menyepakati itu, hadir pula Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara.


"Pokoknya kabar baik deh. Jelasnya nanya ke operator," ujarnya saat ditanya wartawan seusia pertemuan dengan para operator telekomunikasi di Kantor Hutchison 3 Indonesia, Menara Mulia, Jakarta, (10/04).


Lebih detail, Dirjen Sumberdaya Perangkat Pos dan Informatika (SPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Muhammad Budi Setiawan menjelaskan bahwa mulai dari metode dan cluster semuanya sudah disepakati.


Untuk metode, sebagaimana diketahui, operator sudah menyetujui menggunakan metode perpindahan kanal frekuensi dengan metode 'step wise'. Metode step wise ini, sederhananya adalah metode yang setiap step waktunya membutuhkan langkah perpindahan. Sementara untuk area atau clusteringnya berjumlah 42.


"Kalau metodenya kan step wise. Untuk di mana dimulainya itu di Maluku dan Maluku Utara," ujarnya yang juga hadir dalam acara itu.


Implementasinya ini akan dimulai 1 Mei hingga 23 November 2015. Iwan - sapaan akrab Muhammad Budi Setiawan - mengatakan sebelum dimulai penataan di 1.800 MHz, Menkominfo akan mengeluarkan Peraturan Menteri khusus tentang refarming di spektrum tersebut.


"Sebelum 1 Mei, Permen itu akan menyatakan frekuensi yang akan diduduki oleh keempat (operator) ini," kata dia.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ini Wilayah Pertama Yang Cicipi Penataan 4G di Frekuensi 1800 Mhz"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top