Wakapolri: Kasus BW dan AS Ditunda Sampai Keadilan 'Cooling Down'

Wakapolri: Kasus BW dan AS Ditunda Sampai Keadilan 'Cooling Down'


Foto: Badrodin Haiti. ©2015 Evo Berita

Reporter: Deddy Santosa


Evo Berita - Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti mengatakan kasus 2 pimpinan KPK nonaktif, Bambang Widjojanto dan Abraham Samad ditunda dulu proses penyidikannya. Penundaan itu sampai situasi berangsur dingin.

"Ya itu dari dulu sudah kita sampaikan bahwa kesepakatan yang masih masuk dalam penyidikan tetap dilanjutkan, yang masih dalam penyelidikan kita koordinasikan dengan pelapornya tetapi semua itu nanti kita akan tunda dulu sampai situasinya cooling down," ujar Badrodin di JCC, Jakarta, Kamis (11/3).

Badrodin tidak menyebut apa yang dimaksud dengan situasi yang kondusif. Namun, penundaan kasus itu bukan berarti akan dihentikan melainkan hanya ditunda sementara.

"Sehingga bisa kita lanjutkan lagi bukan diberhentikan, bukan," ujarnya.

Kemarin BW dijadwalkan diperiksa penyidik Bareskrim atas kasus dugaan mengarahkan saksi palsu di Pilkada Kotawaringin Barat di MK. BW menolak hadir dalam pemeriksaan itu karena sesuai kesepakatan pimpinan Polri, KPK dan Kejaksaan untuk menghentikan pemeriksaan pimpinan nonaktif KPK dan pegawai KPK. Bambang juga merujuk hasil pemeriksaan Komnas HAM bahwa ada diskriminasi dalam penanganan kasus itu.

Namun, Kasubdit VI Ekonomi Khusus Bareskrim, Kombes Daniel Bolly Tiafona mengatakan, pihaknya bisa mengambil langkah upaya paksa jika Bambang terus menerus menolak diperiksa. Atas hal ini, Badrodin mengatakan jika Bambang dipanggil sebagai saksi tetap wajib hadir untuk kasus yang berbeda.

"Ini kasus yang mana kan beda-beda. Kalau kasus sebagai saksi tersangkanya orang lain itu memang harus memberikan keterangan kalau kasus yang bersangkutan kan memang kita hold," ujarnya.

"Kasusnya Pak BW kita hold, tapi kalau ada kasus lain dia sebagai saksi ya harus memberikan keterangan," ujarnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Wakapolri: Kasus BW dan AS Ditunda Sampai Keadilan 'Cooling Down'"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top