Ridwan Kamil Deklarasikan Bandung Sebagai Kota Ramah HAM Dunia

Ridwan Kamil Deklarasikan Bandung Sebagai Kota Ramah HAM Dunia


Foto: Istri Ridwan Kamil. ©instagram.com/ridwan kamil

Reporter: Dudi Anggoro


Evo Berita - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama Ketua The Foundation for International Human Rights Reporting Standards (FIHRRST) Marzuki Darusman dan Marzuki Usman, mendeklarasikan Bandung sebagai kota ramah hak asasi manusia (HAM) dunia. Deklarasi dilakukan di Balai Kota Bandung.

Marzuki mengatakan, deklarasi Bandung sebagai kota ramah HAM dunia lantaran keinginan Ridwan Kamil yang ingin mengambil napas peringatan momen KAA ke-60, 24 April 2015 mendatang.

"Kami mendorong ini atas inisiasi wali kota Bandung. Kami mendengarkan dan menggali berbagai masalah di kota ini yang hubungannya dengan terampasnya hak asasi manusia," kata Marzuki kepada wartawan di Bandung, Kamis (2/4).

Atas dasar itulah pihaknya mendeklarasikan Bandung sebagai kota ramah HAM. "Dengan pencanangan tersebut, Bandung menjadi pioner di dunia sebagai kota ramah HAM," terangnya.

Dia melanjutkan, meski Bandung dideklarasikan sebagai kota HAM bukan berarti sudah baik ihwal hak asasi manusia. Hanya saja Bandung kini tengah menatap sebagai kota ramah HAM. Ke depannya pihaknya akan merumuskan kesepakatan kriteria HAM apa saja yang akan dimasukan dalam piagam HAM Bandung.

Ridwan Kamil mengaku, pihaknya akan mengundang beberapa pihak untuk melakukan forum group discussion (FGD), untuk mencapai kesepakatan apa saja yang menjadi batasan-batasan HAM di Kota Bandung.

"Jadi hari ini adalah peristiwa bersejarah ketika kita memulai tugas untuk mengubah Kota Bandung menjadi kota HAM. Saya ingin menyampaikan bahwa deklarasi Bandung ini hanyalah tahap awal dari proses bersejarah yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata pria yang akrab disapa Emil ini.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ridwan Kamil Deklarasikan Bandung Sebagai Kota Ramah HAM Dunia"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top