Gulirkan HMP Buat Ahok, Taufik Tunggu Sikap PDIP

Gulirkan HMP Buat Ahok, Taufik Tunggu Sikap PDIP


Foto: M Taufik dukung Ahok lengser. ©2015 Evo Berita

Reporter: Deddy Santosa


Evo Berita - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Muhammad Taufik memastikan akan melanjutkan hak angket kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke taraf hak menyatakan pendapat (HMP). Hal itu dilakukan karena HMP dinilai dapat menyelamatkan citra DPRD yang telah berhasil mengungkap pelanggaran atas undang-undang yang telah dilakukan oleh Ahok.

"Kesimpulan hak angket itu gubernur melanggar undang-undang dalam pembahasan APBD, jadi kalau tidak HMP, DPRD hanya membiarkan orang yang melanggar undang-undang," kata Taufik dalam diskusi bertema Pengguliran HMP sebagai Upaya Selamatkan Wajah Kebon Sirih di Warung Komando, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (3/5).

Meski begitu, Taufik mengaku jika sampai saat ini masih ada kesulitan HMP karena fraksi di DPRD menunggu restu dari pimpinan partai masing-masing. Salah satunya adalah PDIP, yang masih meminta izin dari ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri untuk menyepakati HMP.

"PDIP kuncinya di Megawati, kami sedang mengajak dan berkomunikasi. Toh DPP partai lain juga belum mengeluarkan fatwa," kata dia.

Taufik mengatakan, bahwa prasyarat atau syarat dasar HMP sudah dipenuhinya. Syaratnya yakni dengan mengajukan 20 anggota legislatif dari fraksi yang berbeda.

"HMP tidak mesti pemakzulan, bisa juga peringatan dan sejauh ini prasyarat menuju hak dewan itu sudah terpenuhi," ujar dia.

Taufik menegaskan, pihaknya akan berusaha menggelar HMP dalam waktu dekat. Menurut dia, akhir bulan ini rencana HMP itu akan digelar. "Mungkin di akhir bulan ini HMP akan digelar," pungkas Taufik.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Gulirkan HMP Buat Ahok, Taufik Tunggu Sikap PDIP"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top