Praktik Pungli Bus AKAP Rugikan Negara Triliunan Rupiah

Praktik Pungli Bus AKAP Rugikan Negara Triliunan Rupiah


Foto: Ilustrasi korupsi. ©2013 Evo Berita

Reporter: Benny Wijaya


Evo Berita - Pemerintah diminta menindak tegas praktik pungli (pungutan liar) yang marak dialami bus AKAP (Antar Kota antar Provinsi). Pasalnya, praktik tersebut terbukti menyumbang kerugian negara hingga puluhan triliun Rupiah.

"Harus dipastikan tidak ada pungli lagi, pungli itu puluhan triliun per tahun, kalau pemerintah menjamin tidak ada pungli, puluhan triliun bisa menjadi berapa stasiun atau terminal," ujar pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo dalam acara peluncuran Buku Membela Angkutan Umum di PIM, Jakarta Selatan, Minggu (3/5).

Agus menambahkan, dengan diberantasnya praktik pungli maka target Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp 50 triliun per tahunnya bakal bisa dicapai.

"Imbalannya, mendapatkan pengaturan rute untuk angkutan darat, kemudian mendapatkan insentif di subsidi, tidak bisa mengatur tanpa memberikan insentif," tuturnya.

Selain itu, lanjut Agus, kepastian insentif yang disediakan pemerintah sangat diperlukan jika praktik pungli masih terus berjamuran.

"Izin bus baru per-trayek Rp 200 juta, misalnya Jakarta- Surabaya ratusan juta, kalau itu tidak membayar, senang semua, kalau izin itu komoditi ya itu namanya," tandasnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Praktik Pungli Bus AKAP Rugikan Negara Triliunan Rupiah"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top