Tak Bijak, Jokowi Naikkan Harga Premium Saat Harga Beras Tinggi

Tak Bijak, Jokowi Naikkan Harga Premium Saat Harga Beras Tinggi


Foto: Antrean BBM. ©2014 Evo Berita

Reporter: Rendy Saputra


Evo Berita - Tak Bijak, Jokowi Naikkan Harga Premium Saat Harga Beras Tinggi | Kebijakan pemerintah Jokowi-JK yang telah menaikkan harga bahan bakar minyak jenis premium secara diam diam menuai kritik. Pemerintah dinilai sangat tidak bijak karena kenaikan harga premium bersamaan dengan kenaikan harga beras, elpiji, dan kebutuhan pokok lainnya. Kebijakan ini tentu saja sangat memberatkan beban masyarakat.


"Seharusnya harga BBM jenis premium RON 88 tidak perlu naik. Pemerintah tidak bijak kalau menaikkan harga BBM premium," kata Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum Energi dan Pertambangan (PUSHEP), Bisman Bhaktiar kepada merdeka.com di Jakarta, Minggu (1/3).


Bisman menyesalkan harga premium naik Rp 200 per liter. Dengan kenaikan tersebut, harga jual premium menjadi Rp 6.800 per liter dari sebelumnya Rp 6.600 per liter.Sementara, harga premium di Jawa-Bali Rp 6.900/liter yang berlaku mulai 1 Maret 2015.


Menurut Bisman, harga minyak dunia dan harga rata-rata MOPS (Mean of Platts Singapore) memang mengalami kenaikan, namun kenaikannya tidak signifikan sehingga belum perlu menaikkan harga premium.


"Bulan Januari 2015 harga minyak dunia turun hingga USD 44 per barel. Seharusnya, pada awal Februari 2015 harga BBM turun lagi. Yang jadi pertanyaan, kenapa saat harga minyak dunia turun, pemerintah tidak segera menurunkan harga BBM," katanya.


Bisman bahkan mengungkit kesepakatan Menteri ESDM dengan Komisi VII DPR yang akan menurunkan harga solar Rp 200 per liter. Ini mengindikasikan harga minyak dunia masih rendah dan seharusnya tidak naik.


"Saat ini, pemerintah cepat-cepat menaikkan harga BBM begitu harga minyak dunia naik sedikit, tetapi pemerintah tidak segera mau menurunkan harga BBM jika ada penurunan harga minyak dunia. Dalam konteks ini, pemerintah tidak konsisten," tutupnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tak Bijak, Jokowi Naikkan Harga Premium Saat Harga Beras Tinggi"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top