Ahok Soal APBD Dipotong: Ini Nekan Saya Nyolong Duit Kayak DPRD

Ahok Soal APBD Dipotong: Ini Nekan Saya Nyolong Duit Kayak DPRD


Foto: Ahok. ©2012 Evo Berita

Reporter: Teguh Pratama


Evo Berita - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, tidak habis pikir dengan pernyataan Dirjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Reydonnyzar Moenek. Seharusnya APBD DKI Jakarta 2015 sesuai pagu anggaran 2014, Rp 72,9 triliun, tapi dipangkas menjadi Rp 69,29 triliun.

Ahok masih bingung dengan penjelasan Reydonnyzar yang menyebut pemangkasan dilakukan untuk mencegah tingginya sisa lebih penggunaan anggaran (SiLPA) tahun ini.

"Kalau ini mah anggaran belum dipakai sudah disembelih Kemendagri. Belum ditandatangani Menteri saja sudah SiLPa Rp 3 triliun. Itu yang saya sayang Rp 3 triliun," tegasnya di SMA Santa Ursula, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin (13/4).

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan, perlakuan serupa bisa juga terjadi kembali bila deadlock pembahasan RAPBD DKI Jakarta 2016. Ini sama saja Kemendagri memaksa dirinya untuk bekerja sama dengan anggota dewan.

"Tahun sebelumnya Rp 72,9 triliun, tapi kalau diturunkan jadi Rp 63-69 triliun. Bisa-bisa 2016 turun lagi jadi Rp 50 triliun. Kalau begini berarti nekan saya supaya kerja sama dengan oknum DPRD nyolong duit. Nggak bisa," tegasnya.

Sebelumnya, suami Veronica Tan ini telah menuduh DPRD DKI Jakarta telah memasukkan anggaran siluman sebesar Rp 12,1 triliun. Dia menduga anggaran tersebut melalui pokok-pokok pikiran dari anggota legislatif dalam pembahasan di Komisi-Komisi.

Untuk membuktikan hal tersebut maka Ahok memutuskan untuk mengesahkan APBD DKI Jakarta 2015 dengan menggunakan Peraturan Gubernur (Pergub). Dia hanya meminta semua menunggu proses penyelidikan yang dilakukan pihak Kepolisian.

"DPRD bilang saya fitnah mereka. Lihat saja nanti kalau polisi menersangkakan DPRD soal UPS. Itu berarti Rp 12,1 triliun itu ada mark up. Lihat nanti siapa yang fitnah," tutupnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ahok Soal APBD Dipotong: Ini Nekan Saya Nyolong Duit Kayak DPRD"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top