Cegah Korupsi di Kelurahan, Alasan Ahok Bikin E-Musrenbangnas

Cegah Korupsi di Kelurahan, Alasan Ahok Bikin E-Musrenbangnas


Foto: Ahok usai bertemu JK. ©2015 Evo Berita

Reporter: Billy Nurkholis


Evo Berita - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok membeberkan manfaat menggunakan sistem elektronik dalam musyawarah perencanaan pembangunan (e-musrenbangnas) Tahun 2016. Ahok mengatakan dengan memakai e-musrenbangnas masyarakat bisa memonitoring kinerja birokrasi di daerahnya.

"Selama ini masyarakat yang nyusun program di tingkat kelurahan tidak tahu siapa yang ngetik itu, tapi dengan e-musrenbangnas bisa tahu, termasuk siapa yang ganti dan ada passwordnya," ujar Ahok di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (1/4)

Ahok mencontohkan jika ada rapat di tingkat kelurahan tiba-tiba ditunda, masyarakat bisa langsung memonitoring. "Pembahasan di kelurahan itu apa hingga sampai provinsi, sehingga masyarakat tahu kenapa ditunda apa karena uangnya, dan tidak ada lagi dipagukan anggaran. seperti eh.. kamu wilayah bisa cuma 10 rupiah 20 rupiah yang bisa dipakai, itu tidak berbasis kinerja, besok dengan cara itu uang mengikuti fungsi. Seperti untuk ngatasi banjir 1 triliun harus dihabiskan itu. Kita enggak mau lagi bagi-bagi jatah tanpa ada fungsi, jadi harus sesuai dengan masalahnya," bebernya.

Ahok berencana akan menaruh e-musrenbangnas di tiap kelurahan yang dapat diakses kapan saja. "Itu saya mau taruh itu di smart city misalnya keluruhan warakas," ujarnya.

Ahok mengaku dengan e-musrenbangnas ini dapat mengontrol kinerja aparaturnya hingga ke bawah. "Dengan itu bisa kita monitor secara elektronik. Saya gampang kontrol ke wilayah kenapa di sana dihilangkan, kalau ternyata kinerja tidak benar ya kita stafkan saja," ujarnya.

Menurut Ahok, cara ini sudah ada di luar negeri. Ahok mengaku menyontek cara ini. "Tergantung punya niat enggak atasi korupsi gampang buat setransparan mungkin, biar semua orang bisa awasi. Kalau tranparan kita diplototin dan kalau berbuat salah pasti malu, dari sini ada yang salah kita perbaiki, tahun ini akan kita jalankan dan 2016 nanti APBD DKI full e-budgeting sesungguhnya," pungkasnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cegah Korupsi di Kelurahan, Alasan Ahok Bikin E-Musrenbangnas"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top