Jelang Peresmian Museum Surabaya, Risma Ikut Mengepel Lantai

Jelang Peresmian Museum Surabaya, Risma Ikut Mengepel Lantai


Foto: Risma ngepel. ©2015 Evo Berita

Reporter: Teguh Pratama


Evo Berita - Jelang peresmian Museum Surabaya, Jawa Timur, Wali Kota Tri Rismaharini berbenah. Bersama stafnya dan Satpol PP Kota Surabaya, Risma menyiapkan semua koleksi barang bersejarah yang akan dimuseumkan di eks Gedung Siola, Jalan Tunjungan.

Sesuai rencana, Museum Surabaya akan diresmikan pada 3 Mei besok, bersamaan dengan digelarnya Parade Bunga. Untuk mempercepat persiapan, Risma ikut turun langsung ke lokasi. Bahkan, diapun tak canggung ikut mengepel lantai museum.

Mengenakan baju pink, bercelana jeans hitam, Risma juga terlihat mondar-mandir menata berbagai benda kuno dan bersejarah yang akan dipajang. "Kita juga akan menempatkan seluruh foto-foto wali kota mulai dari zaman Belanda sampai sekarang," kata Risma di sela berbenah.

Di eks Gedung Siola ini, tak hanya museum, Pemkot Surabaya juga menyediakan sentra kuliner makanan khas Surabaya, live performance art, pameran lukisan dan lain sebagainya.

"Nanti, museum ini akan kita buka mulai pagi sampai malam. Jadi masyarakat bisa menikmati sajian yang ada di gedung ini sampai malam," katanya.

Sementara untuk museum, Risma menempatkan mengelompokkan benda-benda kuno berdasarkan masanya masing-masing. Benda-benda bersejarah itu, ditata rapi di sebuah rak kaca berbentuk kotak.

Benda-benda bersejarah itu beraneka ragam. Ada yang berupa alat pemadam kebakaran Tahun 1929, mobil pemadam hibah dari Amerika Tahun 1980-an. Kemudian mesin ketik, mesin cetak, mesin scanner, dan meja-meja kuno yang ada.

Alat transportasi seperti bemo, bajaj kuno yang pernah menjadi transportasi umum di Kota Pahlawan juga menjadi koleksi Museum Surabaya di eks Gedung Siola. Untuk lokomotif, diambil dari rumah pemotongan hewan (RPH) Pegirian, dan dipajang di depan museum.

"Ini juga teman-teman daerah juga ikut berpartisipasi. Bahkan ada salah satu daerah di luar Kota Surabaya, menggelar seminar membicarakan budaya daerah mereka masing-masing di sini," tandasnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jelang Peresmian Museum Surabaya, Risma Ikut Mengepel Lantai"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top