Kadin Desak Reshuffle Menteri Ekonomi Jokowi Dipercepat

Kadin Desak Reshuffle Menteri Ekonomi Jokowi Dipercepat


Foto: Rapat Kabinet Kerja bahas kenaikan BBM. ©AFP PHOTO/Laily

Reporter: Rudi Hantanto


Evo Berita - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mendesak Presiden Joko Widodo segera merombak atau reshuffle kabinet bidang ekonomi dipercepat. Kadin menilai para menteri ekonomi kabinet kerja tidak sensitif akan harga kebutuhan pokok masyarakat selepas pencabutan subsidi energi.

"Maka, 'reshuffle' (perombakan) kabinet yang sudah diagendakan Presiden Joko Widodo sebaiknya dipercepat dengan merombak tim ekonomi kabinet," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hukum dan Hubungan Antarlembaga Bambang Soesatyo, seperti dilansir dari Antara, di Jakarta, Minggu (3/5).

Perombakan kabinet, menurut Bambang, dibutuhkan lantaran popularitas pemerintah tengah merosot. Dia mengutip sebuah survei menyebut sekitar 66,6 persen publik tidak puas pada kinerja pemerintah di bidang ekonomi karena melambungnya harga komoditas kebutuhan pokok, gas, listrik, serta naik-turunnya harga bahan bakar minyak.

Anggota Komisi III DPR RI itu juga menuturkan, para menteri ekonomi Jokowi dinilai tidak mampu melakukan penyesuaian ritme kerja setelah presiden mengubah kebijakan subsidi energi. Perubahan mendasar yang dampaknya langsung dirasakan rakyat, menurut dia, yakni membiarkan harga eceran bahan bakar minyak mengikuti mekanisme pasar.

Akibatnya, masyarakat merasakan dampak yang signifikan karena kebijakan itu menyentuh harga kebutuhan pokok dan tarif jasa angkutan yang bisa turun naik kapan saja. "Seharusnya, dalam situasi seperti itu, pemerintah tidak boleh diam saja. Pemerintah sebagai regulator harus hadir di pasar untuk menstimulasi harga dan pasokan agar segala sesuatunya terkendali dan terjangkau oleh rakyat kebanyakan," ujarnya.

Oleh karena itu, politisi Golkar itu menyarankan presiden sebaiknya segera membentuk tim ekonomi yang kuat. "Selain fokus pada proyek-proyek besar di bidang infrastruktur, tim ekonomi itu secara konsisten harus peduli isu kebutuhan pokok," tukasnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kadin Desak Reshuffle Menteri Ekonomi Jokowi Dipercepat"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top