Kemendikbud Serahkan Hasil UN SMA Untuk Pertimbangan Masuk PTN

Kemendikbud Serahkan Hasil UN SMA Untuk Pertimbangan Masuk PTN


Foto: Koreksi hasil UN. ©2013 Evo Berita

Reporter: Billy Nurkholis


Evo Berita - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan hasil Ujian Nasional (UN) SMA dan sederajat kepada Majelis Tinggi Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Nantinya, hasil tersebut akan menjadi bahan pertimbangan perguruan tinggi dalam memutuskan hasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN).

"Memastikan nilai UN diberikan kepada panitia agar jadi pertimbangan seleksi nasional dari perguruan tinggi. Proses seleksi akan diberikan kepada rektor PTN (perguruan Tinggi Negeri), salah satu dasarnya korelasi nilai rapor dan nilai IPK di PTN," kata Ketua Majelis Tinggi Rektor Perguruan Tinggi Negeri Herry Suhardiyanto di Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (2/5).

Lebih lanjut, Sekjen Kemenristek Ainun Naim menjelaskan mekanisme dan pertimbangan serta kebijaksanaan menggunakan hasil UN tersebut sepenuhnya diserahkan kepada rektor. Hal itu karena hasil UN yang menjadi dasar pertimbangan akan berbeda di setiap daerah.

"Misalnya integritasnya ada yang sama-sama putih, nilainya sembilan, kalau enggak bagus integritasnya ya kita drop" kata Ainun.

Selanjutnya Mendikbud Anies Baswedan menjelaskan bahwa nilai UN yang diserahkan kepada panitia SNMPTN kali ini berbeda dengan sebelumnya. Kini hasil UN yang diserahkan jauh lebih lengkap karena terdapat deskripsi dan angka yang menunjukkan kemampuan dan integritas tiap-tiap siswa.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kemendikbud Serahkan Hasil UN SMA Untuk Pertimbangan Masuk PTN"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top