Ahok Mau Dilengserkan Gara-Gara Bongkar Dana Siluman?

Ahok Mau Dilengserkan Gara-Gara Bongkar Dana Siluman?


Foto: Basuki Tjahaja Purnama. ©2013 Evo Berita

Reporter: Deddy Santosa


Evo Berita - Ahok Mau Dilengserkan Gara-Gara Bongkar Dana Siluman? | Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melaporkan temuan penggelembungan dana APBD 2014 dalam program Dinas Pendidikan (Disdik) sebesar Rp 12,1 triliun ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Anggaran tersebut dialokasikan untuk pengadaan barang Uninterrupted Power Supply (UPS) di beberapa sekolah sebesar Rp 6 miliar.


DPRD DKI Jakarta tak menggubris tudingan Ahok tersebut. Mereka menyatakan, Ahok sedang mengaburkan isu dokumen palsu yaitu APBD 2015 yang diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri tanpa lewat pembahasan di DPRD. Akibatnya, DPRD DKI sepakat menggulirkan hak angket untuk kepemimpinan Ahok di ibu kota.


"Jangan menghilangkan pokok perkara. Pokok perkaranya yang diberikan ke Kemendagri itu dokumen palsu (APBD 2015)," kata Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik saat berbincang dengan merdeka.com, Jumat (27/2).


Melihat itu, Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menyatakan, ada yang salah dengan logika berpikir DPRD DKI. Temuan Ahok atas anggaran siluman itu seharusnya di dukung penuh.


"Kalau alasan karena anggaran Rp 12,1 triliun mendesakkan hak angket bukan justru yang menemukan harus mendapat aspresiasi, karena itu kurang mengerti filosofi angket DPRD DKI. Kecuali Ahok pura-pura tidak tahu itu (anggaran siluman) perlu di angket," kata Ray Rangkuti.


Apakah benar hak angket merupakan skenario DPRD DKI untuk menggulingkan Ahok?


Lanjut dia, DPRD DKI Jakarta saat ini sedang memainkan aturan terkait pembahasan APBD. Mereka ingin menjebak Ahok yang mencoba menyelamatkan uang rakyat tanpa melalui prosedur yang kaku.


"Sekarang mereka mau bermain di prosedur formal APBD ke Kemendagri yang semestinya dibahas dan disepakati bersama. Ternyata yang disepakati muncul angka Rp 12,1 triliun. Seharusnya DPRD DKI tidak perlu merisaukan prosedur jika budget yang dibahas itu ada angka-angka yang tidak pantas. Ini Ahok akan dijebak secara prosedural bukan substansinya," terang dia.


Ray juga menduga banyaknya demonstrasi yang meminta Ahok untuk lengser adalah perbuatan lawan politiknya. Mereka kebingungan mencari celah kelemahan Ahok sehingga menggulirkan isu-isu yang remeh.


"Mereka tidak menemukan celah isu substansial maka munculkan isu ecek-ecek, misalnya Ahok dari suku ini dan dari agama ini. Pada tingkat tertentu, DPR mestinya meminta kepada mereka tidak melakukan itu karena dapat memecah kesatuan dan persatuan," pungkas dia.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ahok Mau Dilengserkan Gara-Gara Bongkar Dana Siluman?"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top