Pagi Ini Kota Tarakan Diguncang Gempa 5,7 SR

Pagi Ini Kota Tarakan Diguncang Gempa 5,7 SR


Foto: Ilustrasi Gempa Bumi. ©2015 Evo Berita

Reporter: Ridwan Ibrahim


Evo Berita - Pagi Ini Kota Tarakan Diguncang Gempa 5,7 SR | Gempa berkekuatan 5,7 SR terjadi di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Gempa berlangsung sekitar pukul 8.31 WIB, Rabu (25/2). Lokasi gempa berada di tengah laut berjarak 413 km arah Timur Laut Kota Tarakan.


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan pusat gempa berada di kedalaman 10 km. Guncangan dipastikan tidak menimbulkan tsunami.


Terpisah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengonfirmasi dampak gempa ke BPBD Kaltara dan BPBD Kota Tarakan. Gempa tidak dirasakan.


Kejadian gempa bumi ini disebabkan aktivitas sesar berarah barat daya-timurlaut antara Pulau Kalimantan dan Filipina. Gempa seperti ini juga pernah terjadi pada akhir Januari kemarin berkekuatan 5,6 SR, pada kedalaman 10 km di 289 km Timur Laut Kota Tarakan.


"Berdasarkan peta zonasi gempa, wilayah di Kaltim dan Kaltara termasuk dalam peta rawan gempa rendah. Ancaman gempa dari megathrust Sulawesi Utara atau Sesar Palu Koro yang dapat berpengaruh gempa di Kalimantan bagian Timur," kata Kapusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan tertulis yang diterima merdeka.com.


Gempa di daratan Kalimantan juga disebabkan gempa intraplate, yaitu gempa yang terjadi di dalam lempeng itu sendiri, yakni di lempeng Eurasia. Gempa ini mekanismenya berbeda dengan gempa interplate, yang dihasilkan dari tubrukan antarlempeng yang banyak terjadi di barat Sumatera dan selatan Jawa. Mekanisme gempa intraplate pada dasarnya belum banyak diketahui.


Sebagian hasil riset menunjukkan tiga kemungkinan penyebab gempa intraplate. Pertama, adanya akumulasi tekanan lokal dan akibat heterogenitas kerak benua (dalam kasus ini di Paparan Sunda). Kedua, adanya zona lemah yang disebabkan proses-proses tektonik masa lalu. Ketiga, adanya high heat flow, yang memunculkan akumulasi tekanan ke sekitarnya. Gempa ini pernah terjadi seperti gempa 5,5 SR Kota di Tarakan, Kaltim (12-11-2007), dan gempa 5,8 SR k di Pulau Laut, Sebuku dan Batulicin Kalsel (5-2-2008).
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pagi Ini Kota Tarakan Diguncang Gempa 5,7 SR"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top