Jokowi Saksikan Pameran Teknologi Karya Anak Bangsa

Jokowi Saksikan Pameran Teknologi Karya Anak Bangsa


Foto: Presiden Jokowi. ©Setpres RI/Cahyo

Reporter: Deddy Santosa


Evo Berita - Dalam rangka memperkuat upaya hilirisasi produk riset ke industri, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mempromosikan pencapaian hasil-hasil inovasi teknologi dari lembaga penelitian dan pengembangan serta perguruan tinggi dalam acara National Innovation Forum (NIF) 2015. Acara ini diselenggarakan di Graha Widya Bakti Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Dalam laporan pelaksanaan NIF, Menristek Dikti Muhammad Nasir menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun komunikasi dan interaksi antara pelaku penelitian, dunia usaha, pengguna dan masyarakat serta pembuat kebijakan. Dari interaksi yang terjadi, diharapkan dapat diketahui peran serta masing-masing aktor inovasi dalam rangka mempercepat komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan.

"Acara ini diharapkan menjadi titik tolak hasil-hasil rekayasa anak negeri sendiri. Hari ini kita saksikan beberapa hasil lembaga litbang yang telah direalisasikan di industri," kata dia di Puspitek, Tangerang Selatan, Senin (13/4).

Presiden Joko Widodo yang hadir dalam kegiatan ini juga menyaksikan langsung penandatanganan beberapa Memorandum of Understanding (MoU) tentang pemanfaatan teknologi. Selain itu, antara sektor akademik dengan swasta yang terbagi dalam tujuh bidang fokus sesuai RPJM 2015-2019 yaitu pangan, energi, kesehatan dan obat, transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, pertahanan dan keamanan, serta material maju.

Salah satu contoh kerja sama yang dibangun dalam kegiatan ini adalah pengembangan pesawat N219 antara LAPAN dengan PT DI. Nantinya bakal disepakati kerja sama produksi dan penjualan antara PT DI dengan pihak pengguna.

Pantauan Evo Berita di lokasi, Jokowi mengenakan baju batik lengan panjang berwarna cokelat. Turut hadir dalam acara ini mantan Presiden BJ Habibie, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, dan sejumlah menteri kabinet kerja.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Jokowi Saksikan Pameran Teknologi Karya Anak Bangsa"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top