Diluncurkan, Buku Sekolah Elektronik Untuk Permudah Siswa Belajar

Diluncurkan, Buku Sekolah Elektronik Untuk Permudah Siswa Belajar


Foto: Ujian Nasional 2015. ©2015 Evo Berita

Reporter: Hasan Setyabudi


Evo Berita - Gubernur Jawa Timur Soekarwo resmikan Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang kali pertama di Indonesia, Sabtu (2/5). Peluncuran aplikasi mobile BSE untuk dunia pendidikan ini, dilakukan di Gedung Grahadi Surabaya, Jalan Gubernur Suryo usai Upacara Hari Pendidikan Nasional.

Aplikasi mobile BSE merupakan hasil kerjasama PT Telkom dengan PT Mahoni dan Indonesia Menulis. Aplikasi dalam bentuk e-books ini, untuk mempermudah proses belajar-mengajar di dunia pendidikan dengan cepat dan modern.

Selain meluncurkan aplikasi BSE, PT Telkom juga mengenalkan Kantin Sehat Elektronik (KSE) yang menyediakan menu-menu sehat kepada para pelajar. Jajan tersebut bisa bisa dipesan secara online.

Sebelum BSE resmi diluncurkan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Soekarwo juga menggelar video teleconference ke lima sekolah yang ada di Jawa Timur. Kelima sekolah yang sudah memanfaatkan teknologi BSE itu antara lain, SMK Negeri 1 Sidoarjo, SMA Negeri 1 Pandaan, SMK Salahudin Pasuruan, SMK Negeri 1 Pamekasan, dan SMP Lab Unesa.

"Apa semua sudah menggunakan BSE? Siapa yang bisa menerangkan?," tanya gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu dalam video teleconference-nya di Gedung Grahadi.

Salah satu pelajar SMK Negeri 1 Pamekasan menjawab pertanyaan Soekarwo. Dia mengatakan, dirinya dan teman-teman pelajarnya sudah menggunakan BSE dan merasakan manfaatnya.

"Kami sudah menggunakannya dan merasakan manfaatnya. Dengan BSE kita bisa memecahkan satu masalah ilmu pengetahuan dengan cepat dan gratis. BSE merupakan sistem e-books yang bisa dibawa ke mana-mana," kata si pelajar.

Sementara Deputy Executive Vice President Telkom Regional V, Djatmiko kepada Soekarwo mengatakan, saat ini, dari sisi network connectivity, sekolah-sekolah sudah memberikan kecukupan akses internet bagi siswanya. "Jika program IndiCampus, untuk menjadi kampus kelas dunia, masing-masing mahasiswanya bisa mendapat akses minimal 5 Kbps, maka sewajarnya diberlakukan juga standar kecukupan bandwidth untuk siswa sekolah menengah," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, PT Telkom ingin memberikan total solution untuk konsep Smart Schools. "Mulai dari network connectivity yang sudah tergelar di sekolah, sampai konten applikasi seperti BSE yang dideliver oleh PT Mahoni dan KSE yang dideliver oleh Indonesia Menulis," sambungnya.

Masih kata dia, Aplikasi BSE, merupakan aplikasi yang bisa dijalankan di banyak platform mobile seperti iOS, Android dan Windows 8. "Penggunaan aplikasi tersebut dilakukan dengan men-download gratis melalui bse.web.id."

"Setelah terinstall, tinggal menjalankan, kemudian memilih buku-buku yang dikehendaki. Ada sekitar 2 ribu buku di dalamnya. Aplikasi ini juga bisa didapat di IndiStore," tandasnya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Diluncurkan, Buku Sekolah Elektronik Untuk Permudah Siswa Belajar"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top