Kisah Nizam, Ustaz Muda Guru Ngaji Para Karyawan

Kisah Nizam, Ustaz Muda Guru Ngaji Para Karyawan


Foto: Pegawai kantoran tetap ngaji. ©2015 Evo Berita

Reporter: Rudi Hantanto


Evo Berita - Menjadi seorang guru harus memiliki kemampuan untuk mengajar dengan baik agar ilmu yang disampaikan bisa diserap dengan baik. Meski begitu tidak ada batasan bagi siapa pun yang ingin melakukan pekerjaan mulia tersebut.

Hal ini lah yang dilakukan oleh Nizam, pria berusia 22 tahun yang sudah menjadi ustaz muda di pengajian Daarut Tauhid, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Meski masih muda, namun hal tersebut tidak menghalanginya untuk mengajarkan ilmu pendalaman Alquran.

"Saya ngajar Alquran ke warga. Rata-rata udah nikah, yang masih muda kira-kira ada 20 persen. Awalnya agak terpengaruh dengan usia. Tapi di sini kan yang dilihat ilmunya, jadi sudah mulai terbiasa," jelas Nizam ketika dihubungi, Jumat (8/5) lalu.

Awalnya Nizam mengawali diri sebagai Staf Dewan Keluarga Masjid dan Humas Daarut Tauhid selama dua tahun. Setelah itu dia pun juga merangkap sebagai pengajar kajian Alquran setiap hari Selasa dan Kamis.

Selama mengajar Alquran, Nizam mengaku ada perbedaan tingkat pemahaman antara mereka yang sudah menikah dan yang belum menikah. Menurutnya hal itu disebabkan oleh tanggungan yang diembankan kepada para muridnya.

"Yang bujangan sedikit lebih gampang karena mereka belum terlalu kepikiran keluarga. Kalau yang sudah nikah lidahnya masih kaku," ujar pria kelahiran Jambi, 21 April 1993 ini.

Lebih lanjut Nizam menjelaskan semua muridnya rata-rata berprofesi sebagai karyawan yang masih pemula dalam membaca Alquran. Namun tak sedikit pula muridnya yang sudah lancar dan ingin mempelajari Alquran lebih dalam lagi.

"Bisa dibilang pemula semua, tapi ada juga yang lancar tapi mereka mau mempelajari lebih dalam lagi," jelas mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosat Islamiyah (STID DI) Al Hikmah semester dua ini.

Meski begitu, Nizam tetap optimis untuk mengajarkan pendalaman Alquran kepada muridnya. Sebab, meski mereka sudah memiliki harta duniawi, namun mereka tetap ingin memperdalam Alquran guna mendekatkan diri kepada Allah.

Hingga saat ini, Nizam yang sudah mengajar pendalaman Alquran selama enam bulan ini, sudah memiliki murid sebanyak 25 orang. Dia pun berharap agar semakin banyak warga yang memiliki keinginan untuk mengaji dan memperdalam kajian Islam.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kisah Nizam, Ustaz Muda Guru Ngaji Para Karyawan"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top