Disdik DKI Distribusikan Soal UN SMP

Disdik DKI Distribusikan Soal UN SMP


Foto: Ujian Nasional SMP. ©2014 Evo Berita

Reporter: Teguh Pratama


Evo Berita - Dinas Pendidikan DKI Jakarta mulai mendistribusikan naskah Ujian Nasional tingkat SMP, MTS, Paket B/Wustha pada hari ini, Sabtu (2/5). Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Arie Budhiman menjamin, naskah tersebut tidak akan bocor atau tercecer di jalan. Dirinya sekaligus meyakini, pelaksanaan UN SMP nantinya akan berlangsung lancar.

"Naskah UN masih disegel rapat di setiap boksnya. Kemudian mobil pengangkut naskah juga digembok dan polisi mengawal dari mulai di percetakan hingga ke tangan siswa di sekolah," ujarnya dalam rilis yang diterima, Sabtu (2/5).

Dia menambahkan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dengan matang. Karena itu, mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta ini menjamin proses pelaksanaan UN akan berjalan lancar.

"Kami telah melakukan tahapan persiapan UN dengan cermat. Mulai dari pembentukan panitia UN, sosialisasi ke media cetak dan elektronik, uji coba UN tahap I dan tahap II sampai dengan simulasi dan pengamanan distribusi naskah UN. Tentu saja persiapan dilakukan dengan memperhatikan hasil evaluasi penyelenggaraan ujian nasional tingkat SMA, SMAK, SMALB, SMTK dan paket C yang telah selesai dilaksanakan pada beberapa waktu yang lalu," ungkapnya.

Arie mengungkapkan, pada tahun ini DKI akan menggelar dua jenis ujian. Yakni ujian konvensional dan ujian rintisan dengan sistem online. Saat ini, lanjutnya, terdapat 1 sekolah yang siap melaksanakan ujian sistem online yaitu SMP Penabur 2 Jakarta Pusat.

Disisi lain, Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI, Sopan Adrianto selaku Ketua Panitia Penyelenggara UN DKI mengatakan, pengamanan naskah dilakukan bekerjasama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia.

"Pengamanan naskah UN di tingkat provinsi dilakukan oleh personil Polda Metro Jaya sebanyak 12 orang. Di tingkat rayon oleh polres masing-masing wilayah sebanyak jumlah sub rayon (tiap sub rayon 1 petugas polisi), sedangkan penjagaan naskah di tingkat sub rayon oleh polsek-polsek terkait. Tiap sub rayon ada 2 petugas polisi," ungkapnya.

Adapun seluruh naskah tersebut, pada hari ini akan dikirim ke 5 titik distribusi. Masing-masing di SMPN 216 Jakarta Pusat, SMPN 255 Jakarta Timur, SMPN 30 Jakarta Utara dan SMPN 45 Jakarta Barat, dan Kantor Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Selatan. Dari 5 titik ini, naskah langsung dikirim ke 23 rayon. Meliputi 16 sub rayon SMP, 7 sub rayon MTS.

Setiba di sub rayon, dokumen UN akan dipilah per mata ujian sesuai hari pelaksanaan. Selanjutnya, dilakukan pengamanan dokumen di setiap sub rayon.

Diketahui bahwa, jumlah total para peserta UN ini mencapai 149.172 peserta. Terdiri dari siswa SMP sebanyak 123.878 peserta. Kemudian siswa MTS sebanyak 20.224 peserta, SMP Luar Biasa 73 peserta, Paket B/Wustha 4.997 peserta.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Disdik DKI Distribusikan Soal UN SMP"

 
Copyright © 2015 Evo Berita - All Rights Reserved
Back To Top